Apa itu Tuyul Ojek Online dan Taksi Online?

Kebutuhan masyarakat jaman sekarang terhadap jasa transportasi online semakin tinggi dari waktu ke waktu. Selain karena dianggap lebih murah dan hemat waktu, para pengguna jasa transportasi online juga sering memperoleh diskon atau voucher.

tuyul grab gojek uber

Dengan tingginya minat masyarakat terhadap ojek/taksi online berimbas pada tingginya jumlah orang yang ingin menjadi driver ojek/taksi online. Dan kini persaingan antar driver pun menjadi semakin ketat sehingga driver harus kerja ekstra dan memutar otak agar penghasilan dari ngojek tetap memuaskan.  

Baru-baru ini sedang ramai di pemberitaan tentang "tuyul" ojek/taksi online. Bagi yang belum pernah mendengar istilah ini tentunya akan bertanya-tanya dan penasaran apa itu tuyul Grab, tuyul Gojek atau tuyul Uber?

Yang dimaksud tuyul disini ternyata bukan tuyul berbau mistis yang sudah kita ketahui sejak dulu. Sebagai gambaran tentang tuyul Grab/Gojek/Uber ini, kira-kira beginilah ilustrasinya.

Kita sebagai pengguna ojek/taksi online mau order, lalu di aplikasi kita bisa melihat ada driver yang posisinya tidak jauh dari lokasi kita. Kita lantas bisa memperkirakan berapa lama kira-kira driver tiba di lokasi kita. Namun, driver itu ternyata datang lebih lama dari yang diperkirakan dan bahkan bisa lebih lama 3 kali lipat dari perkiraan.

Jika kita bertanya “Bang, kok dari tempat mangkal abang ke tempat saya nyampe nya lama? di aplikasi perkiraan hanya 5 menit tapi ini hampir 20 menit lho?”

Jika driver nya jujur maka akan menjawab bahwa sebenarnya dia masih di rumah yang lokasinya cukup jauh dari tempat kita memesan/order. “Yang mangkal tadi itu tuyul,” kata si driver sambil tersenyum.

Jadi kesimpulannya tuyul ojek/taksi online tersebut hanya sebuah istilah dari aplikasi tambahan yang dipasang pada hape driver. Salahsatu nama aplikasinya adalah Fake GPS sehingga driver bisa seolah-olah berada di lokasi tertentu agar lebih mudah mendapatkan orderan.
Apa itu Tuyul Ojek Online dan Taksi Online? | Rate 5